Gol Fred Hindarkan Brasil dari Kekalahan atas Rusia

27/03/2013 10:03

London - Brasil bermain imbang 1-1 ketika berhadapan dengan Rusia dalam laga ujicoba internasional. 'Selecao' butuh gol di menit-menit akhir dari Fred untuk bisa meraih hasil tersebut.

Di Stamford Bridge, Selasa (26/3/2013) dinihari WIB, Rusia memimpin lebih dulu melalui gol Victor Fayzulin di menit ke-73. Di menit-menit akhir, barulah Brasil bisa menyamakan lewat Fred.

Dengan hasil tersebut Brasil belum meraih kemenangan sejak Luiz Felipe Scolari kembali ditunjuk menjadi pelatih. Setelah bulan lalu kalah 1-2 dari Inggris, bulan ini Brasil baru menuai dua hasil seri, yakni 2-2 lawan Italia dan 1-1 lawan Rusia kali ini.

Sementara untuk Fred, golnya ke gawang Rusia meneruskan catatan okenya. Dengan gol ini, ia telah mencetak gol di empat laga terakhir Brasil secara beruntun.

Jalannya pertandingan

Sepanjang babak pertama kedua tim bertarung dengan ketat di lini tengah. Brasil yang unggul secara teknik individu nyaris tak memiliki peluang yang benar-benar berarti.

Sebaliknya, Rusia yang bermain lebih kolektif beberapa kali mengancam gawang Julio Cesar.

Rusia mendapatkan peluang pertama di menit kedua lewat tendangan bebas keras Ignashevich. Bola mengarah lurus pada Julio Cesar dan mampu ditepis.

Anak-anak asuh Capello kembali mengancam di menit 41, kali ini lewat tendangan keras Fayzulin. Menerima umpan dari Kerzhakov di kanan kotak penalti, Fayzulin memaksa Cesar melakukan penyelamatan gemilang.

Babak pertama berakhir imbang. Rusia unggul secara peluang meski sejak separuh babak pertama permainan didominasi Brasil.

Lima menit babak kedua berjalan, Brasil akhirnya mendapatkan shot on goal pertama. Mendapatkan bola di sisi kiri gawang Rusia, Neymar berniat melakukan umpan silang, namun bola mengarah ke gawang dan ditangkap Gabulov.

Menit ke 69 Neymar memberikan tekanan kepada Rusia lewat tendangan dari luar kotak penalti, namun mengarah tepat pada Gabulov.

Pada menit 73, Fayzulin membawa Rusia unggul memanfaatkan kemelut di gawang Cesar. Skor 1-0 untuk Rusia.

Brasil akhirnya menyamakan kedudukan jelang bubaran. Marcelo mengirim umpan silang mendatar yang disambut oleh Fred.

Susunan pemain

Brasil: Julio Cesar, Marcelo, David Luiz, Thiago Silva, Dani Alves, Hernanes, Fernando, Neymar, Kaka ('77 Diego Costa), Oscar ('67 Hulk), Fred.

Russia: Gabulov, Eschenko, Ignashevich, V. Berezutskiy, Anyukov ('46 Kombarov), Fayzulin, Glushakov, Kokorin ('46 Zirkov ('86 Grigoriev)), Shirokov, Bystrov ('46 Shatov), Kerzhakov.

( krs / krs )detik.com